Wednesday, April 27, 2011

Marketing Mix


a)Analisis Produk antara Pasar Tradisional dengan Pasar Modern di lihat dari Marketing Mix

Di era globalisasi sekarang ini, banyak sekali didirikan pusat-pusat bisnis yang dikemas dalam bentuk pasar-pasar modern. Hal tersebut berdampak pada kondisi pasar tradisional yang terancam kolaps dengan menjamurnya pasar
modern di berbagai tempat tersebut
Marketing Mix adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat di kendalikan produk, harga, tempat, dan promosi yang di padukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang di inginkan pasar sasaran.

Marketing Mix memiliki 4 Variabel Produk, Price, Place da Promotion. Keempat variable tersebut di miliki oleh pasar, baik pasar Tradisional maupun Pasar Modern, namun kontras terlihat perbedaannya.

Analisis:

Memang pasar modern maupun pasar tradisional, sama-sama merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Namun kedua pasar tersebut memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari mutu pelayanannya serta pendistribusiannya.
Kalau pasar modern mengutamakan pelayanan yang menyenangkan, bangunannya baik, tempatnya nyaman segala kebutuhan pembeli diperhatikan, mulai dari parkir dan sarana lain, namun pembeli tidak perlu berinteraksi dengan penjual, sehingga komunikasi sosial tidak terjadi. Meski telah banyak pasar tradisional yang direnovasi untuk menghilangkan imej kumuh dan kotor, namun tetap saja posisi pasar tradisional tetap tersudutkan oleh pertumbuhan pesat pasar modern.

b) Antisipasi para pengusaha Indonesia dalam menghadapi persaingan global, adalah
- meningkatkan mutu produk dalam negeri dan dapat menyaingi produk asing (Product)
- harga yang terjangkau dan tidak di bebani dengan pajak yang tinggi (Price)
- Di distribusikan pada tempat strategis dan bersih, sehingga pelanggan senang dan mau mengunjungi tempat penjualan (Place)
- Promosi dengan berbagai media , jangan takut dengan promotion cost yang tinggi karena ini dapat mempengaruhi omzet penjualan (Promotion)

Beberapa parameter keunggulan persaingan (Competitive Advantage):

- Kemudahan Pemesanan (Ordering Ease)
- Pengiriman (Dilivery)
- Pemasangan (Installation)
- Pelatihan Pelanggan (Customer Training)
- Konsultasi Pelanggan (Customer Consultating)
- Pemeliharaan dan Perbaikan (Maintanance & Repair)
- Kelengkapan Fungsi Dasar (Product Features)
- Kesan yang layak (Desirable Image)
- Inovasi Teknologi (Technological Inovation)
- Reputasi Perusahaan (Firm Reputation)
- Konsistensi Berproduksi (Product Concistency)
- Simbol Status (Status Symbol)
- Merk Terkenal (Famous Brand Image)
- Pelayanan Purna Jual (After Sales Service)

No comments:

Post a Comment